Home » » Instalasi dan Konfigurasi Debian 5

Instalasi dan Konfigurasi Debian 5

Posted by CB Blogger

        Akhir-akhir ini komunitas Linux agak resah dengan perubahan pada distro-distro besar seperti SuSe yang diambil alih Novel Inc dan RedHat yang mulai tidak  menyediakan distro secara “free” lagi. Lalu bagaimana dengan Debian ? Debian GNU/Linux,http://www.debian.org [ lihat .org, bukan .com ] adalah suatu distro yang pada awal pendiriannya memang ditujukan untuk komuitas. Debian benar benar menganut open source karena sebagian besar source code dapat diperoleh. Non profit karena distro ini murni didirikan oleh komunitas dan untuk komunitas. Lalu apa yang membuat Debian beda dengan distro-distro lain ? berikut beberapa hal yang membedakan Debian dengan distro lain.
Dari segi arsitektur pembentukannya sendiri dia sudah beda, Debian lebih suka memakai UNIX soket untuk komunikasi client server ( tapi bisa juga di ubah ke kentuk internet soket ) jarang buka port Dalam segi penggunaan versi software, dipilih yang benar-benar sudah stabil untuk versi resmi Debian walaupun Debian sendiri ada paket yang statusnya dalam tahap development.
Salah satu hal yang mungkin membuat pusing pengguna Linux adalah masalah instalasi program Bandingkan di Windows, jika nginstall suatu program hampir 100% berhasil, di Linux beda. Linux mengenal adanya dependensi paket, satu paket program di lingkungan Linux kadang membutuhkan paket lain yang harus diinstall atau dengan kata lain ketergantungan satu program dengan program yang lain sangat besar, ketergantungan itu dapat berupa Library atau bentuk program biner. Jika dependensi suatu program tidak dipenuhi atau dipaksa untuk tidak dipenuhi maka program tidak dapat diinstall atau program diinstall secara paksa dengan resiko program tidak berjalan dengan baik.
Karena Proses instalasi yang cukup sulit, saya akhirnya membuat sebuah tutorial untuk memudahkan proses instalasi Debian 5 Server.

Administrsi Server yang saya gunakan meliputi :
                         - DNS Server menggunakan bind9
                         - DHCP Server
                         - HTTP Server / Web Server
                         - Mail Server
                         - Webmail menggunakan Squirrelmail
Silahkan Download File Wordnya
Via 4shared disini
Via Sharebeast disinihttp://www.sharebeast.com/k6742e64euak
Semoga membantu, ^_^


0 komentar:

Posting Komentar